22.8.08

cerita dari negeri diatas awan...


Jeringan. Nama sebuah dusun di barat jogja, di daerah kabupaten kebonharjo kecamatan samigaluh kabupaten kulonprogo Yogyakarta merupakan tempat dimana saya diterjunkan selama kurang lebih 30 hari untuk memenuhi program pembelajaran bermasyarakat.
Sebuah dusun yang sangat-sangat asri, letak geografisnya pada ketinggian kurang lebih 700 mdpl, jalan dusun yang naik turun berkerikil dan berbatu, masih banyak terdapat jalan setapak pasir dan kerikil, jarak antara satu rumah dengan rumah yang lain sangat berjauhan dan dipisahkan bukit-bukit kecil, nyaris tidak ada penerangan jalan pada malam hari kecuali dirumah-rumah. Awalnya saya menginjakan kaki disana saya hanya menganggap ini sebuah jalan sementara untuk memenuhi tugas kuliah. Mulai itu saya berumah di sebuah rumah pak dukuh. Deskripsi tempat tinggal kira-kira begini : sebuah rumah dari kayu, beratapkan genteng, berlantai tanah ,berdiding kayu namun masih belum sempurna menutup sehingga hembusan angin malam masih sangat terasa. Personil kami 8 orang, 4 laki-laki dan 4 perempuan, kami diberi fasilitas kamar dengan tempat tidur dipan kayu yang tidak akan cukup buat kami semua merebahkan badan disana. Akhirnya kita tidur di tikar yang dihampar dilantai tanah, dengan membawa bekal beberapa kasur dan beberapa selimut kami hidup malam disana. Sangat dingin sekali, bahkan beberapa personil kami harus menahan sakit karna alergi dingin dan debu dari lantai tanah. Saya lebih sering memilih tidur di kursi panjang, soalnya saya yang paling betah melek malam dan bermain dengan laptop kesayangan, jadi males pindah lagi alias langsung tidur ajah dikursi itu. Hidup bermasyarakat mulai saya lalui, belajar bagaimana yang tua yang muda, menghadapi kesibukan kegiatan orang desa, belajar menyelam pada pola pikir orang desa, belajar mengartikan semuanya dan banyak hal yang bisa dipelajari. Terlalu banyak cerita sampai tak bisa saya menulisnya, yang jelas bersyukur banyak pelajaran yang bisa diambil dari sana dan terimakasih kepada warga besar dusun jeringan dan teman-teman seperjuangan....



* walu menyenangkan, tapi ndak mau ah ngulang lagi hahahaha…
* poto-potonya liat disebelah yah...

17 comments:

  1. Kok ngebayanginnya keknya enak2 aja tuh,
    tp kok KKN akhir2 ini dianggab sesuatu yang nyeremin?!
    Disuruh kerja rodi yak?
    Hehehe

    ReplyDelete
  2. nyeremin sih gak cmn tidur ti atas tanah itu yang bikin gak mau ngulang..kwkwkwk
    mas cookie tambah kurus aja, seharusnya sebelum berangkat saya foto lalu setelha datang saya foto lagi, biar ada after-before gt..hehe
    enakan KKN tuh? apalagi klo jadi seksi sibuk.. bee.. bakalan gak mau ngulang lagi dah!!

    ReplyDelete
  3. @yeni...
    Emang enak, bener kata dimas. Diriku bersyukur kemaren diberi kesempatn KKN reguler, model begini. Lebih terasa KKN nya dan merasakan sebulan langsung hidup disana. Mungkin memang beberapa jenis KKN yang lain membuat jadi nyeremin....Kerja rodi sih ngga, cuma ngikuti kerjanya orang desa yang bener-bener cukup bervariasi.Seperti gotong royong membersihkan jalan desa, nah disana kan pegunungan. jadinya macam "menyapu sepanjang dan seluas gunung gitu"

    @dimas...
    yoi... banget..
    sebenernya saya naik 2 kilo loh, hanya saja kulit saya semakin hitam. panasnya disana tidak terasa karna tertutup sejuk udaranya...

    ReplyDelete
  4. kenapa semua orang yang kutanya, termasuk oedi, ga mau ngulang KKN. padahal banyak cerita seru+rasa senang+bahagia+haru disana.
    dasar aneh

    ReplyDelete
  5. Welcome Back Brother..
    hehehe.. kkn yah, memang begitu, kkn banyak yang indah, menyenangkan tapi kita ga mau ngulang..
    why? lets try to pick a multiple choice..
    -sebenarnya kkn ga akan seberat itu kalo pihak pengelola lebih bertanggung jawab dalam tugasnya. pilihlah desa yang memang mau bekerja sama dengan mahasiswa..bukan yang mau memanfaatkan, atau desa yang berkebaratan menerima tambahan warga, atau bahkan desa yang konflik..
    -pendanaan kegiatan harusnya lebih jelas
    -tanggung jawab pembibimbing dan tingkat kerajinannya di lapangan bersama mahasiswa juga kadang dipertanyakan..
    -penilaian, sejauh mana sih komponennya, kok sepertinya pake model pukul rata..
    -dan yang terakhir sepertinya aturan dan tujuan kkn saat ini kurang ngeliat realita.. buktinya 39 dari 38 responden saya pasti dengan bangga menyatakan pernah malakukan manipulasi (baik jam maupun program) ketika kkn.. -peraturan yang salah ato realita yang memang tidak memungkinkan..?-

    ReplyDelete
  6. @yusdi...
    itu memang karena KKN itu harus memilik pekerjaan yang cukup susah untuk dimengerti dan ditelaah, hampir menyusahkan dan menambah dosa seperti halnya disampaikan mas olly bahwa sebagian besar tidak sesuai dengan realita.
    Saya mau balik ke lokasi KKN asal dengan format liburan gitu dan bukan untuk melaksanakan program KKN.

    @olly
    Setuju dengan semua anda tulis, jelas sekali kalo tidak sesuai dengan realita. Apalagi aparat yang datang tiba-tiba itu dan sok-sok memeriksa administrasi itu, menyalahkan dengan seenaknya.
    Kasus :
    Sekarang bayangkan ya, anda pada posisi bekerja bakti dengan warga desa dan apakah mungkin anda tiba-tiba minta tanda tangan dan bilang :

    "pak tolong tanda tangan untuk kegiatan kerjabakti inih"

    Sekarang anda harus berfikir apakah anda bekerja dan membantu masyarakat desa demi sesuap tanda tangan?? tau sendiri hati seorang masyarakat desa kan??..
    cem..macem ajah aturan inih...

    ReplyDelete
  7. KKN ituh asik tau... jd blajar kehidupan org2 di desa yg mnurut aq tuh simple bgt. Dan ga se complicated kehidupan orang d kota (mas cookie contohnya, hehheehe). Slaen ituh KKN ituh bisa nambah temen, nambah sahabat (aq skrg pnya 11 sahabat baru looohh gara2 KKN), dan yg pastiiiii... gara2 KKN bs foto2 d sawah... narses2.... (hehheheh... Dian bgt...)

    Emang seh... ada bbrp hal yang bikin sebel, n gondok juga, apalagi kalo udah berurusan ama instansi-resmi-yg-ngurusin-KKN itu looohhh...
    Tapi yaaaaaaahh... look at the brigthside aja dehhhh...
    "Cus i'm Ms. Brightside" (sambil nyanyi lagu The Killers, apa coba?)

    ReplyDelete
  8. jadi inget operasi pindah rumah,eh operasi "memindahkan rumah" maksutnya.. :)) trus ada lagi ngangkutin kursi di atas kepala dari satu bukit ke bukit lainnya, udah kayak shaolin aja :))

    ReplyDelete
  9. KKN buat orang2-yang-ngurusin-KKN itu adalah ladang cari duit..
    la buktinya tambah mahal aja biaya KKN, kinerja pembimbing yang seharusnya datang ke lokasi pun gak pernah muncul batang hidungnya! asisten pun ogah2an ngomong ke pak dukuh kalau kami dimintain duit.. malah kami sendiri yang disuruh lobi,pale loe peang.. trus gunanya mereka buat apa??
    betul kata mas cokie ttg tim sidak-yang-mukanya-kya-cumi seenaknya aja datang nyoret asna nyoret sini, gak mau tau alasan kita kenapa gak ada tanda tangan. masa kita tengah2 bantu pernikahan minta tanda tangan ama yang punya acara,sedangkan pak dukuh gak ada di tempat.. suer dah, KKN tuh pengalaman terpahit dalam kuliah..
    walau ada menyenangkan punya pengalaman baru.. tapi tetep pahitnya terasa.. apalagi ketua nilainya dipukul rata ama anggota, itu yang bikin aku dongkol abis2an!!huaaaa!!

    ReplyDelete
  10. hemmm...
    KKN yha?

    ada cinlok juga gak?

    hayoo ngakuuu !!!

    hihihi...

    @olly :

    kuot
    " buktinya 39 dari 38 responden saya pasti dengan bangga menyatakan ..."
    kuot

    bentar...
    ituh memang pernyataannya lebih banyak daripada respondennya atau...

    ReplyDelete
  11. @dee..
    iyah memang menyasikan KKN ituh, tapi tetep ndak mau ngulang lagi klo dengan format KKN hehehe...
    iya, poto-poto asik juga disana..

    @anak pak nardi kaliduren
    wah... jadi kangen nongkrong diwarung depan poskomu sambil ngemil-ngemil,ngopy-ngopy sambil ngobrol-ngobrol bertiga sama si husni...
    woi... ngga mandi di sungai lagi kan?? haha..

    @dimas...
    hehehe.. jangan ngomel-ngomel gitu lah mas, ikhlasin ajah. mereka tu cari sesuap nasi kok dari situ yah hehehehe....

    @kissweapon
    ngaku apa ya?? (*pura-pura ngga ngerti*)...
    ya gitu deh... hahahaha..
    *kabuuuurrrrr sebelum kena timpuk *

    ReplyDelete
  12. huaaa rasanya udah lama ngga kesini...*clingak clinguk*

    welcome back pak...
    sukses ya perjuangan mengejar "lampu hijau"-nya
    jangan mampir2 dulu makanya..hihihi...
    inget targetmu kmrn ndul...
    kutunggu brita wisudanya...
    okeh...

    bubye...c u...

    ReplyDelete
  13. weh... ada tamu jauh yang dah lama menghilang..
    welcome back juga di dunia blog.. :P
    Minta doanya ajah, semoga lancar semua.
    Sepertinya saya akan mampir sebentar ke beberapa tempat... beli oleh-oleh hahahah.. *lebay*

    ReplyDelete
  14. Woy coky jeringan...
    Ayo mampir ke dangsambuh.
    http://dangsambuh.wordpress.com

    hehe :D

    ReplyDelete
  15. @pak ketu dangsambuh yang selalu ceria

    saya sudah mampir..
    dan km, memang gila.. ada2 ajah yang km kerjain.
    KKN membuat km semakin ceria ajah......

    Kapan-kapan main kesana yukk!!!!!

    ReplyDelete
  16. ikut bro tanggal 14 ke negeri di atas awan?
    KKN lagi kita :))

    ReplyDelete
  17. wakakaka... ngga mau aku kalo KKN.
    Kalau Liburan mau...mau ajah wakakakakaka,......

    ReplyDelete

.recent comment