2.4.08

Republik Gila Bola

Selamat datang di Republik Gila Bola Indonesia. Republik yang disebut zamrud khatulistiwa ini ternyata layak juga untuk dikatakan surga sepakbola. Ada beberapa alasan mengapa Penulis berani berkata demikian.

Pertama, anda akan menemukan kesempatan menikmati berbagai tayangan sepakbola yang tidak akan ditemukan di banyak negara lain. Bayangkan 103 jam perminggunya!! Ini berarti kalau anda bekerja setengah hari saja perharinya ( dari jam 8 sampai 12 siang), maka sisa waktu yang ada dapat anda habiskan seluruhnya di depan TV kalu ingin menyaksikan saluran sepakbola. Semua gratis, karena yang penulis maksud adalah tayangan Televisi Nasional.

Padahal itu belum termasuk tayangan sepakbola di berbagai TV kabel. Kalau konon kabarnya, tayangan terbanyak di TV nasional adalah sinetron, ternyata anggapan tersebut salah besar. Menurut komisi penyiaran, acara sinetron juga luar biasa banyak, tetapi angkanya hanya berada di kisaran hampir 100 saja seminggunya.

“…Kalau mau gratis, Liga itali dan Liga Spanyol adalah yang paling leluasa kita temukan dengan 13.6 dan 13.1 % waktu tayangan. Selain itu bahkan liga belanda, jerman, dan amerika (meskipun masih terbatas pertandingan yang menampilan David Beckham) hanya sesekali saja dapat mengisi hari-hari kita.

Untuk stasiun TV, mengejutkan sekali bahwa TV yang dahulu sering dianggap hampir bangkrut dan kehilangan banyak penonton yaitu La**** ( kini TV O*E). Kini malah menayangkan siaran sepakbola. Setelah diambil alih oleh pengusaha gila olahraga seperti Er*** T****, mereka mampu masuk kembali ke peredaran dengan tidak tanggung-tanggung meluangkan hampir 30 jam seminggunya untuk berbagai acara sepakbola dan olahraga.

“…Alasan kedua kenapa negara ini layak disebut sebagai Republik Gila Bola adalah ketika kita mendatangi berbagai kesempatan pertandingan sepakbola baik liga lokal maupun ketika tim nasional bermain. Antusiasme masyarakat indonesia untuk hadir ke stadion, nonton maupun hanya untuk bertemu sesama suporter, benar-benar bikin bulu roma berdiri. Kapasitas stadion hanya 30.000 misalnya bahkan bisa dihadiri lebih dari 50.000 orang. Kondisi Ini berlaku hampir di banyak daerah dengan dukungan supporter fanatisnya, Jakarta, Bandung, malang, Surabaya, Makasar dan banyak kota lainnya.
Dengan tanpa maksud mengurangi isi dan tulisan penulis, ini kutipan Bab 1 dari Buku yang beberapa waktu ini saya baca dan masih dalam proses baca (belum selesai maksudnya). Buku ini berjudul Republik Gila Bola buah tulis dari Ubaidillah Nugraha seorang Kontributor Tabloit Bola. Bagi yang gemar dan hobi dengan olahraga mengolah bola dengan kaki dan hati ini, coba deh baca buku ini. Kereeenn bo… Bisa jadi sumber Inspirasi kata salah satu komentator buku ini Ian Situmorang (Pemimpin Redaksi Tabloit Bola), banyak cerita seru didalam dan diluar sepak bola. ada bonus loh.. jadwal EURO 2008 dan informasi-informasi lain, termasuk info tentang futsal Indonesia.

Bravo Sepakbola, Futsal dan keindahan kisah-kisahnya…

Behind every kick of the ball theres has to be a thought.” __Dennis Bergkamp

No comments:

Post a Comment

.recent comment