18.3.08

Progres DFD

hua.... habis nonton progres TA yang ke dua kalinya.
Kali ini sedikit mau mengambil pelajaran neh.
Berkaitan dengan DFD, ngomong-ngomong udah dua kali ini saya nulis tentang DFD.

Begini, saya sedikit bertanya tentang DFD karna kebanyakan temen-temen yang progres sering kali terbentur di masalah DFD, kadang masih ada catatan tentang bagaimana membuat DFD yang benar, entah itu proses ataupun entitas dan sebagainya, ya sebenarnya saya juga kurang paham c... Kalo dipikir mereka yang melaksanakan TA pasti udah pernah melaksanakan KP ( betul tidak??? ya iyalah masa iya donk) dan di dalam KP itu pasti mereka sedikit banyak sudah bersentuhan dengan namanya DFD. Pengalamam ketika saya mengikuti KP saya sedikit menemui kebingungan tentang pembuatan DFD, misalnya begini di setiap pembimbing itu memiliki konsep DFD yang berbeda-beda (itu semoga hanya pandangan saya), tapi setelah saya coba buka-buka hasil KP memang sepertinya bebeda-beda, selama ini KP dengan laporan DFD yang benar hanya dan hanya jika pembimbing bilang benar. Saya cukup prihatin dengan keadaaan ini, mengingat saya sendiri masih perduli dengan perkembangan generasi selanjutnya. Sedikit saran dan ini kalo memang disetujui, Mungkin mahasiswa yang hendak KP atopun TA diberi panduan atau acuan buku yang pasti tentang DFD dan standart yang benar. tidak hanya itu, mungkin untuk setiap pembimbing sendiri harus ada koordinasi masalah DFD yang tetap. Mungkin dengan begitu mahasiswa akan lebih tau tentang standarisasi pembuatan DFD yang benar, paling tidak mereka bisa memiliki acuan yang pasti.

terima kasih...

chheeerrrssss.....

nb: ada yang tau buku yang tepat untuk belajar DFD ??

4 comments:

  1. menaggapi masalah DFD di postingan ini dan masalah DFD di postingan sebelumnya, yg begitu pelik (menurutku sih).....

    memang setau aku juga DFD itu berbeda-beda..sesuai dengan kebutuhan sistemnya..namanya juga DFD=Data Flow Diagram=Diagram Aliran Data.

    Konsep DFD tu ya hanya satu saja.
    simbolnya pun hanya lingkaran, garis, kotak, basis data......

    namun secara teknis DFD tiap sistem bisa berbeda,,,,sebagai contoh :
    DFD untuk proses login bisa bermacam-macam...untuk DFD proses login yg saya buat sewaktu KP, belum pernah saya lihat sebelumnya dimana2...saya buat DFD tsb sesuai kebutuhan sistem yg saya buat...

    jadi mungkin disini yg dimaksud 'berbeda' adalah dari sisi teknisnya, bukan konseptualnya...

    ReplyDelete
  2. aku jg sering bgt ngalamin kayak kamu.Menghambat kerja ajah.Skrg aku gi dapet tugas nganalisis jurnal.Dan aku ga tau formatnya kayak gmana.Ada be2rapa contoh siyh.Cuma tu tadi,beda2.Aku bingung mo pake yang mn.

    ReplyDelete
  3. ya, menurut saya, dan beberapa pendapat dari dosen2 kuliah saya, pembuatan dfd itu tidak ada yang salah secara teknis,karena tergantung pada sistem seperti apa yang akan dibuat. tapi kesalahan pembuatan dfd dapat ditelisik dari beberapa point,misalnya:
    1. tiap entitas yang ada ,jika mempunyai input ke dalam sistem,maka harus ada data flow yang mengalir dari system ke entitas(output),logikanya,jika ada input pasti ada output.
    2. Harus ada data store ,yang gunanya untuk menyimpan input sebelum diproses selanjutnya. dan data store mulai ada pada dfd level-0.data store bisa berupa database, atau file tertentu .
    3. tidak boleh ada data flow yang mengalir dari entitas ke entitas(harus melewati proses untuk menghubungkanya.
    4.tidak boleh ada dataflow yang mengalir dari datastore ke datastore tanpa melalui proses.
    demikian yang saya ketahui,untuk tukar pikiran dan pendapat yang berbeda bisa mengubungi saya di YM Dengan username dirgantaragrahita atau email dirjoe88@YAHOO.COM

    ReplyDelete
  4. @dirjoe88
    Terimakasih atas pendapat yang bermanfaat ini..
    Kejadian ini sebenarnya sudah lama, dan saya sudah posting kelanjutan-kelanjutan pembelajaran saya tentang DFD...
    mari kita bertukar pikiran...

    salam kenal..

    ReplyDelete

.recent comment